04 Januari 2011

Sebuah Pelajaran di Angkringan

| |

Di Jogja,sore sore gini paling enag emang nginum TJS (teh jahe susu) plus ngemil gorengan apalagi dtemennin rintik2 hujan sisa tadi siang,hmm seguer na.. Berhubung ana kos,demi menekan pengeluaran alias "sangu",angkringan lah tempat nongkrong terPaporit hehhee..Hanya berbekal 5000 perak(yg harusnya rupiah) ana bisa dapet paket angkringan Istimewa Sego KePeLor (Sego/nasi, ceKer/kaki ayam bakar, temPe Loro/dua tempe ) plus TJS tadi..

Sungguh nikmat yang tak terlukiskan jika kita makan dalam kondisi yang  Lapar Sangat hehe :-D. Lagi asyik2nya makan, nggak begitu Ngeh(memperhatikan) sudah ada 2 temen satu kos yang dah nimbrung disebelahku, Andi ma Roni namanya. Tanpa BaBiBu disikat nya nasi di atas meja dengan lahap. Emang sie, sedari siang kita bertiga belum makan apa2 karena hujan yang emang turun dengan lebatnya,jadi waktu kita hanya terpaku depan computer masing2 aja.

Setelah selesai makan,dimulailah obrolan khas angkringan yang begitu merakyat dan apa adanya namun mempunyai isi dan topik yang ga kalah ama obrolan pengamat2 politik atau bola di tipi2. Dengan topik yg sedang hangat dimasyarakat, kita kemas obrolan tadi dengan sederhana,jadilah guyonan segar diantara kita bertiga dengan penjual angkringan tadi.

Setelah ngobrol ngalor-ngidul (ngomong banyak ga tentu arah) entah itu ngebahas politik,timnas yang kalah terhormat atau kasus2 kriminal yang sempat kita ketahui dari siaran di tipi2, Salah seorang temen ku pamit mo balik ke kos dengan alasan mo mandi dan mo siap-siap pergi katanya..Dengan itu pun kita juga ikutan pamit mo balik ke kos..Tiba saat nya urusan bayar membayar ada salah satu temenku yang rupanya lebih basar pasak dari pada tiang alias kebanyakan makan ga cukup uang hahha :-D..Berhubung saya hanya bawa uang pas alias mepet,jadi angkat tangan deh hehhee,begitu pula dengan temanku si toni..

Didalam kebingungan dan kepanikan (nggak sampe loncat2 ma nangis2 lho)terpecahkan lah suasana bingung dan panik tersebut dengan kata2 penjual angkringan yang dengan bijak berkata "uwis mas, ra popo,, iso dibayar sisuk meneh,,podo2 wong merantau wis ngerti kahananne" (udah mas, ga apa2,bisa di bayar besok lagi,sama2 orang perantauan kan udah tahu situasinya) kata dia sambil ketawa. Di barengi dengan ketawa kita, kita pun pamit dan juga ga lupa ngucapin maaf dan makasih ma penjual angkringan tadi.

Setelah sampai di kos, kurenungi kata2 penjual angkringan tadi "uwis mas, ra popo,, iso dibayar sisuk meneh,,podo2 wong merantau wis ngerti kahananne" (udah mas, ga apa2,bisa di bayar besok lagi,sama2 orang perantauan kan udah tahu situasinya)..Sebuah kata2 sederhana tapi bermakna dalam bagi orang yang yang mendengarnya.. Dimana didalam kata2 tersebut timbul suatu Pelajaran Hidup yang selama ini banyak diacuhkan orang2 kebanyakan di negeri ini demi kepuasan diri sendiri ataupun golongan, yaitu Pemahaman Antar Sesama dalam Kehidupan .

Sungguh pelajaran yang berarti dalam hidup,menurut saya. Saya jadi berandai- andai jikalau semua orang saling memahami kondisi dan situasi antar sesamanya di dalam kehidupan, niscaya dunia ini dipenuhi kedamaian dan senyum dimana2..Tidak ada pertengkaran,salah paham, saling menjatuhkan ataupun  kejahatan dalam arti luas..Hmm sungguh indah, Seandainya saja....

0 komentar:

Posting Komentar